Bagaimana membuat SOP (Statement of Purpose) yang menonjol

“Seorang pria tanpa tujuan seperti sebuah kapal tanpa kemudi”. Ini adalah kutipan terkenal oleh Thomas Carlyle mengenai betapa pentingnya tujuan dalam hidup. Kutipan ini, dimodifikasi untuk penerimaan pascasarjana yang bertuliskan “Seorang siswa tanpa pernyataan tujuan yang baik seperti seorang pendaftar tanpa niat”. Niat penting bagi petugas penerimaan pascasarjana hingga tingkat yang berbeda.

Beberapa sekolah pascasarjana sangat memperhatikan pernyataan tujuan siswa, sebagai sebuah indikator dari motivasi mereka. Tetapi, sebagian besar sekolah pascasarjana menggunakan pernyataan tujuan sebagai bantuan ketika memilih antara dua  siswa dengan kualifikasi yang sama. Di universitas top dimana siswa top dari seluruh dunia mendaftar, pernyataan tujuan menjadi sedikit lebih penting; karena sebagian besar siswa yang mendaftar mempunyai kualifikasi yang sangat kuat. Sehingga menjadi sangat susah untuk membedakan antara beberapa siswa yang berkualitas. Pernyataan Tujuan membuat kamu menonjol dari lainnya hingga bisa membantu kamu diterima dalam skenario tertentu. Tetapi, pernyataan tujuan tidak akan membantu banyak bila formulir pendaftaran kamu tidak sebagus sainganmu.

Maka dari itu, pernyataan tujuan adalah salah satu hal yang dapat kamu kendalikan dalam pendaftaran. Kamu sudah mengambil GRE dan tidak ada waktu untuk mengambilnya kembali. Kamu tidak dapat meningkatkan nilai GPA kamu; dan surat rekomendasi kamu sudah selesai dibuat. Serta sebagian besar siswa membuat pernyataan tujuan yang serupa dan mengirim masal pernyataan tersebut ke banyak universitas; maka ini adalah peluang yang baik untuk membuat pendaftaranmu menonjol. Ini adalah beberapa langkah yang bisa kamu lakukan sebelum kamu membuat pernyataan tujuan kamu:

  • Pahami tujuan dari Program Sekolah Pascasarjana: Apakah program tersebut disesuaikan untuk menghasilkan para wirausahawan? Apakah lebih kepada penelitian berteknologi tinggi? Ataukah kombinasi dari keduanya? Lihatlah website sekolah pascasarjana dan cari tahu apa yang telah dilakukan dan dicapai oleh para siswa sebelumnya. Pastikan bahwa tujuanmu (dalam pernyataan tujuan) selaras dengan tujuan dari Program Sekolah Pascasarjana tersebut.
  • Cari informasi dari para lulusan sukses dari program tersebut: Kamu bisa mencari di LinkedIn dari program sekolah pascasarjana dan lihat orang-orang yang telah lulus dari program ini 5-10 tahun yang lalu. Lihatlah apa yang telah mereka capai. Para siswa ini telah membuat bangga program tersebut. Bila tujuan kamu cocok, kamu dapat menyebutkannya di pernyataan tujuan bahwa kamu ingin mencapai lebih dari apa yang telah siswa tersebut capai.
  • Kembangkan visi bagaimana kamu mau mengubah dunia dan industri kamu setelah kamu lulus dari sekolah ini.
  • Pengalaman Kamu Sebelumnya: Aspek apakah dari pengalaman kamu sebelumnya yang cocok dengan tujuan dari organisasi tersebut. Bila kamu telah menyelesaikan sebuah proyek dalam teknologi hijau saat program sarjana kamu, dan tujuan dari program pascasarjana kamu adalah mengembangkan teknologi baru; kamu dapat menyebutkan bahwa kamu mau “mengembangkan pengalamanmu dalam teknologi hijau; dan secara signifikan menurunkan emisi rumah kaca melalui tekonologi mutakhir yang dikembangkan menggunakan infrastruktur dari program pascasarjana”. Bila kamu tidak mempunyai pengalaman sebelumnya yang relevan dengan bidang tersebut, fokslah pada pencapaianmu sebelumnya dalam bidang yang berbeda. Katakan bahwa sejarah pencapaian kamu akan menjadi manfaat bagi program tersebut; lalu tuliskan tentang visi kamu untuk mengubah industri tersebut dan dunia.
  • Bila kamu tidak pernah melakukan penelitian apapun sebelumnya, bicaralah kepada orang yang telah melakukannya sehingga kamu mempunyai pemahaman yang baik dari apa yang dibutuhkan dari penelitian. Banyak siswa menunjukan kenaifan mereka dalam pemahaman mereka mengenai apakah penelitian itu dalam pernyataan tujuan mereka.

student writing her sop

Pada poin ini, jangan hanya melihat contoh esai pernyataan tujuan saja. Ribuan siswa melihat pada esai yang sama ini, dan mengubah kata-kata dari esai ini tidak akan banyak membantumu.
Sekarang, buatlah sebuah pernyataan tujuan menggunakan semua penelitian yang telah kamu lakukan. Jangan habiskan lebih dari 3 jam. Setelah ini selesai, periksa kembali pernyataan tujuan kamu dan pastikan poin-poin ini sudah termasuk didalamnya:

  • Visi/motivasi-mu tertulis dengan jelas dalam esai.
  • Pencapaian-pencapaian yang kamu tulis cocok dengan visimu. Pencapaian lainnya bisa tidak ditulis.
  • Kamu menunjukan diri sebagai pribadi yang rendah diri dan ingin belajar. Sikap yang sok tahu segalanya bisa menjadi tidak disukai bagi sebagian besar professor.
  • Pastikan kamu menunjukan pemahaman dari area penelitian. Pastikan kamu telah menyebutkan ide kamu untuk bidang tersebut, tren apa yang kamu lihat dimasa depan dan bagaimana kamu akan memanfaatkannya. Apa masalah sulit lainnya yang telah kamu selesaikan di bidang ini?

Lalu, pada poin ini, lihatlah contoh esai pernyataan tujuan dalam bidang kamu dan lihatlah perbandingan punyamu dan punya mereka. Bila kamu lihat ada sesuatu yang ketinggalan, tambahkan sekarang.
Esai pernyataan tujuan yang baik yang benar-benar saya suka adalah penyataan tujuan berikut ini untuk pendaftaran MIT:
http://people.csail.mit.edu/anantb/public/docs/sop/ms_admission_sop.pdf

Pada poin ini, kamu telah menyelesaikan isi dari formulir pendaftaranmu. Sekarang pastikan kamu memeriksanya kembali apakah ada tata bahasa atau tulisan yang salah dan meminta orang yang asli berbahasa Inggris untuk mengeceknya juga. Ada beberapa pemeriksa bagus yang bekerja di Upwork dan Freelancer, yang bisa membantumu dengan biaya. Langkah terakhir juga sangat penting karena salah ketik atau salah tata bahasa dapat memberikan kesan yang buruk pada panitia penerimaan siswa.

Sekarang, kamu siap untuk menyerahkan pernyataan tujuanmu!

 

Artikel ini disampaikan oleh Abhishek Kumar
Dan awalnya muncul disini di website Jobs Galore