Belajar Bahasa Inggris di Amerika untuk Meraih Tujuan Anda

Belajar Bahasa Inggris di Amerika untuk Meraih Tujuan Anda

Mengapa belajar Bahasa Inggris di Amerika?

Mungkin saja kamu sudah pernah belajar Bahasa Inggris di negaramu, di SMA-mu ataupun di sekolah bahasa swasta. Ini semua merupakan sebuah permulaan yang baik. Tahap selanjutnya adalah meningkatkan kemampuan bahasa Inggrismu dengan pergi ke negara yang menggunakan bahasa Inggris dalam komunikasi sehari-harinya. Ini adalah cara yang paling cepat untuk belajar! Kamu akan berada di sebuah lingkungan bahasa Inggris dimana kamu akan mendengar dan membaca Bahasa Inggris setiap hari, dan kamu diharuskan untuk berbicara bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-harimu.

Sistem pendidikan di Amerika dikenal luas sebagai “standar emas” oleh seluruh dunia. Untuk alasan inilah, banyak mahasiswa ingin belajar di universitas mereka atau mengambil program pasca-sarjana di Amerika. Jika kamu ingin melanjutkan pendidikanmu di Amerika, maka sangat masuk akal untuk belajar bahasa Inggris disana juga.

Selain meningkatkan kemampuan bahasa Inggrismu, kamu juga akan belajar tentang kehidupan orang Amerika dan kebudayaannya. Pada awalnya, hal tersebut mungkin kelihatan tidak aneh maupun berbeda. Secara, kamu telah melihat seperti apa Amerika di film dan televisi. Tetapi jangan sampai ditipu dengan apa yang kamu kira kamu tahu! Hidup di negara lain bisa menjadi sangat seru dan menantang. Hal itu akan membantumu untuk belajar tentang kebudayaannya sambil terus mengasah bahasa Inggrismu.

Memilih sebuah program bahasa Inggris

Amerika adalah sebuah negara yang besar, dan disana terdapat ratusan program bahasa Inggris yang bisa kamu pilih. Nantinya, kami akan menjelaskan bagaimana EnglishUSA dapat membantumu memilih sebuah program. Tetapi pertama-tama, berikut adalah hal-hal yang harus kamu pikirkan ketika kamu berencana memilih sebuah program.

indonesian student in new york

Program seperti apa yang kamu inginkan? Ada banyak sekali beragam program yang tersedia, jadi kamu harus memilih satu yang sesuai dengan kebutuhanmu. Ada program yang mengajarkan Bahasa Inggris umum, atau kebudayaan Amerika dan bahasa Inggris percakapan. Yang lainnya berfokus kepada bahasa Inggris untuk keperluan akademis – yaitu, kuliah di sebuah universitas. Selain itu, juga ada program pra-universitas dan “pathway” yang dapat membantumu memulai dalam studi universitasmu.

Jika kamu ingin belajar di sebuah universitas Amerika, kamu membutuhkan nilai baik dalam ujian TOEFL atau IELTS. Semua program bahasa Inggris yang kamu ambil – terutama program bahasa Inggris yang berfokus ke akademis – akan membantu meningkatkan nilai ujian anda. Karena mereka akan membantumu meningkatkan kemampuan mendengar, berbicara, membaca dan menulis – dan ini adalah keahlian yang benar-benar kamu butuhkan untuk mendapat nilai baik dalam ujian tersebut. Selain itu, ada juga program yang akan mengajarkanmu keahlian untuk mengerjakan ujian yang juga akan membantumu mendapatkan nilai baik.

Selain Bahasa Inggris akademis, juga terdapat program yang didesain untuk tujuan bisnis dan tujuan profesional lainnya, seperti bahasa Inggris untuk hukum dan bahasa Inggris untuk pengobatan. Belakangan ini, Amerika sedang mengembangkan program bahasa Inggris untuk STEM (science/sains, technology/teknologi, engineering/teknik dan math/matematika).

Dimana kamu ingin berada? Lihatlah sebuah peta Amerika dan pikirkan dimana kamu ingin tinggal. Ada perbedaan besar antara Pesisir Timur, Pesisir Barat, dan Pusat Amerika. Juga terdapat perbedaan antara bagian utara dan bagian selatan Amerika. Gunakanlah internet untuk menginvestigasi beberapa tempat di Amerika yang mungkin kamu suka.

Lalu kamu perlu menentukan ukuran lokasi tempat kamu ingin belajar. Apakah kamu suka kota besar, dengan hiruk pikuknya, lalu lintas dan gedung pencakar langitnya? Atau kamu lebih memilih kota yang lebih kecil, yang mungkin lebih tenang tetapi juga lebih efisien untuk berkeliling? Saat kamu memikirkan hal ini, kamu juga harus mempertimbangkan kebudayaan dan tempat rekreasi di setiap tempat. Kota besar biasanya mempunyai lebih banyak museum, sedangkan kota kecil mungkin dekat dengan area ski! Pikirkan tentang gaya hidup seperti apa yang kamu suka dan apa yang penting bagimu.

Pikirkan tentang pilihan tempat tinggalmu. Dimana kamu akan tinggal selama studimu? Pastikan untuk melihat macam-macam tipe akomodasi yang ditawarkan oleh program bahasa Inggris. Ada banyak sekali macamnya. Bila program tersebut ada di kampus universitas, disana mungkin tersedia asrama atau hall kediaman. Homestay (host families) juga sangat populer. Mereka menyediakan kesempatan untuk melatih bahasa Inggrismu di dalam keluarga Amerika dan bisa membantumu untuk mempelajari kehidupan keluarga di Amerika. Mahasiswa lainnya memilih tinggal sendiri di apartemen atau tinggal bersama di apartemen, yang mana sering menjadi pilihan yang ekonomis, terutama untuk jangka panjang.

st louis

Apakah pertimbangan lainnya? Ada ratusan program bahasa Inggris di Amerika, dan harga mereka sangat bervariasi. Biaya tentu saja penting, tetapi jangan menjadikannya sebagai faktor utama dalam memilih tempat belajar. Apakah kamu tahu pepatah, ”kamu mendapatkan apa yang kamu bayar”? Ini juga berlaku dalam program bahasa Inggris. Pastikan kamu memikirkan semua keistimewaan dari suatu program ketika kamu membuat keputusanmu.

Pertimbangan lainnya kemungkinan adalah studi selanjutnya. Jika rencanamu meliputi studi sarjana di Amerika, maka kamu mungkin ingin untuk belajar di salah satu dari banyak program yang terletak di kampus universitas – mungkin bahkan di universitas yang kamu ingin masuki. Seperti yang disebutkan sebelumnya, banyak program bahasa Inggris menawarkan sebuah “jembatan” atau “pathway” untuk studi ke universitas. Di sisi lain, jika kamu ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris untuk keperluan profesional atau keperluan pribadi, kamu dapat memilih program apapun yang kamu suka!

Bagaimana EnglishUSA dapat membantu

Kami mempunyai hampir 500 program anggota EnglishUSA. Semuanya telah terakreditasi atau terletak di kampus sebuah perguruan tinggi atau universitas yang regional terakreditasi, ini berarti mereka telah memenuhi standar kualitas yang tinggi. Dan hal itu berarti mereka akan memberikan nilai yang baik untuk uang yang telah kamu keluarkan. Kamu akan mendapatkan program bahasa Inggris yang berkualitas tinggi yang akan memenuhi kebutuhanmu serta membantumu mencapai tujuanmu!

Program anggota EnglishUSA menawarkan program bahasa Inggris umum maupun yang terspesialisasi untuk studi akademis dan profesional, persiapan universitas dan ujian, budaya dan percakapan, dan tujuan spesifik lainnya. Mereka terletak di kampus universitas dan perguruan tinggi serta tempat-tempat diluar kampus di seluruh Amerika, mulai dari pusat kota besar yang seru hingga kota kecil yang nyaman.

Kamu akan mendapat pilihan tempat tinggal meliputi tempat tinggal didalam kampus, apartemen mahasiswa di luar kampus, dan homestay. Mereka menawarkan beragam layanan mahasiswa meliputi kesempatan berekreasi dan mengenal budaya, bimbingan visa dan saran-saran akademis.

Kamu dapat melihat daftar program-program di website EnglishUSA, www.englishusa.org. Klik ‘Study English’ di bagian atas halaman lalu gunakanlah peta interaktif dan pertanyaan lainnya untuk membantumu menemukan program yang cocok untukmu!

Semoga beruntung dalam pencarianmu dan kami berharap bertemu dengan anda secepatnya dalam program intensif bahasa Inggris EnglishUSA.

EnglishUSA – Asosiasi Amerika Program Intensif Bahasa Inggris