Belajar Bisnis di Australia

Belajar Bisnis di Australia

Belajar Bisnis di Australia

Australia merupakan salah satu dari tempat terbaik di dunia untuk tinggal dan belajar. Australia mempunyai iklim yang menarik dengan musim panas panjang yang hangat dan musim dingin yang tak terlalu dingin. Beberapa dari fitur alami terbaik di planet seperti pantai, batu karang dan pegunungan terletak dekat dengan pusat populasi utama Australia. Mempertimbangkan populasinya, kota-kota Australia secara terus-menerus ditampilkan dalam survei “kota paling layak tinggal di Dunia”, sekarang ini ada lima kota Australia yang sedang menduduki top 10 dunia (the Economist 2015). Yang lebih penting, biaya hidup dan biaya kuliah sangat terjangkau bila dibandingkan dengan negara lain dengan standar pendidikan, teknologi dan ekonomi yang sebanding.

Australia telah membangun reputasi dalam menyediakan pendidikan berkualitas tinggi yang diakui secara global dan telah menghasilkan beberapa sarjana bisnis terkemuka dunia, terutama dalam akuntansi dan keuangan. Gelar Australia diakui diseluruh dunia dan kredibilitas pendidikan Australia membantu dalam perpindahan dan penerimaan ke karir bisnis.

Belajar Bisnis di Australia

Ribuan siswa belajar di Australia dengan jurusan bisnis yang paling populer. Sekarang ini ada sekitar 600,000 mahasiswa internasional sedang belajar di Australia. Lebih dari sepertiga dari siswa internasional tersebut belajar di universitas-universitas kami dan sebagian besar siswa internasional yang mendaftar di universitas belajar jurusan bisnis. Ini meliputi program sarjana dan magister spesialisasi, diploma, MBA, gelar magister penelitian tingkat tinggi dan program PhD. (Australian Education International).

Australia mempunyai tingkat keragaman budaya yang tinggi. 26 persen dari populasi permanen lahir di negara lain dan 20 persen lainnya merupakan anak dari para imigran (Sensus Australia Bureau of Statistics 2011). Hal yang serupa, mahasiswa internasionalnya juga datang dari banyak negara-negara berbeda. 33 persen dari siswa internasional datang dari timur laut Asia, terutama dari China, Hong Kong, Jepang, dan Korea; 19 persen dari siswa internasional datang dari Asia Tenggara terutama dari Singapore, Malaysia dan Vietnam; 15 persen dari siswa internasional datang dari Asia Tengah, terutama India; dengan 14 persen datang dari Amerika. Jumlah siswa Eropa dan Afrika sedang berkembang dengan pesat bersama Perancis, Jerman dan Skandinavia menjadi pendatang dari Eropa yang paling umum.

Tingkat biaya kuliah secara umum mencerminkan gengsi dan lokasi institusi tersebut dan mencerminkan permintaan pasar untuk program tersebut. Keharusan bagi semua institusi Australia untuk mengikuti Australian Qualifications Framework dan mengiringi proses audit TEQSA, memberikan siswa jaminan kualitas disemua sektor. Kualitas juga ditandai dengan label akreditasi internasional. Banyak dari sekolah bisnis Australia telah terakreditasi oleh salah satu maupun oleh kedua badan akreditasi internasional utama, yaitu AACSB International (Amerika Utara) dan EQUIS (Eropa). Beragam sumber penelitian eksternal reguler menjamin bahwa kurikulum dalam sekolah bisnis kami selalu terkini dan mencerminkan kebutuhan bisnis modern. Dari sudut pandang siswa ini  berarti bahwa studi mereka akan menyiapkan mereka dengan baik untuk impian masa depan mereka, entah mereka fokus ke karir maupun melanjutkan studi lebih lanjut. Peraturan visa Australia sekarang ini mendukung perkembangan karir dengan mengijinkan sebagian besar siswa bisnis yang belajar selama dua tahun atau lebih untuk tetap tinggal selama dua tahun lagi untuk mendapatkan pengalaman kerja setelah studi.

studying business

Sekolah bisnis mempunyai beragam wujud: sekolah tradisional besar seperti Universities of Sydney, Melbourne dan Western Australia; sekolah multi kampus seperti Universities of Monash, Charles Sturt dan Griffith; atau si ahli pendidikan jarak jauh seperti University of Southern Queensland. Di Australia, mahasiswa internasional mempunyai banyak sekali ragam pilihan dalam lingkungan studi,  bagi mereka yang mencari lokasi kota besar dapat memilih Universitas seperti RMIT dan Macquarie, yang mencari kota berukuran sedang dapat memilih University of South Australia dan Curtin University of Technology, dan bagi mereka yang menyukai komunitas belajar yang lebih kecil mempunyai pilihan seperti University of Tasmania atau salah satu Sekolah Bisnis daerah seperti James Cook University.

Gelar sarjana bisnis terdiri dari tiga tahun belajar full time dan diajarkan dalam bahasa Inggris. Tahun pertama secara khusus meliputi delapan program dasar dalam area bisnis utama seperti ekonomi, akuntansi, manajemen, organisasi, keuangan dan pemasaran. Lalu pada dua tahun selanjutnya para siswa akan belajar mengikuti program jurusan mereka. Maka dari itu para siswa pada akhir tahun pertama perlu memilih program yang paling cocok dengan minat dan impian karir mereka.

Gelar ganda ataupun gelar gabungan juga tersedia. Siswa dapat mendaftar dalam dua program bergelar secara bersamaan dan belajar setengah dari program mereka pada masing-masing dari kedua jurusan tersebut. Dalam gelar gabungan, siswa bisa mendapatkan kualifikasi bisnis sambil belajar bahasa, sains atau seni. Gelar gabungan membutuhkan waktu lebih lama (biasanya empat hingga lima tahun).

Brisbane, Australia

Sekolah bisnis tak pernah berhenti meningkatkan layanan siswa internasional mereka. Asosiasi alumni pada cabang internasional dapat membantu penempatan kerja di negara asal siswa, serta menawarkan bantuan umum dan peluang jaringan sosial dan bisnis.

Ijazah bisnis ditambah dengan studi internasional dan pengalaman kerja tentunya terlihat sangat menonjol dalam latar pendidikan para pemimpin bisnis global. Contohnya, satu dari tiga kepala eksekutif di perusahaan top Ameriksa dan Australia mempunyai ijazah bisnis atau ekonomi.

Mempertimbangkan permintaan global untuk para lulusan bisnis yang berkualitas, tidak ada waktu yang lebih baik lagi untuk mempertimbangkan gelar bisnis di Australia. Australian Business Deans Council (ABDC) mewakili semua sekolah bisnis universitas Australia dimana satu dari tiga siswa universitas Australia lulus dari sana. Tujuan kami adalah untuk berkembang maju dan mempromosikan nilai keunggulan dalam pendidikan dan penelitian bisnis yang bekerjasama dengan industri, pemerintah dan masyarakat.

Mr. Stan Astachnowicz, Former International Network Chair, Australian Business Deans Council.