Belajar di Amerika

Belajar di Amerika

Amerika, nama panjangnya Amerika Serikat. Hollywood? Hawai? Ya, Amerika adalah negara tujuan belajar paling populer di dunia, termasuk bagi warga Indonesia. Amerika adalah negara dengan jumlah mahasiswa asing paling banyak dibanding negara-negara lain.

types
visa

Negara adidaya, pemimpin dunia dalam urusan keuangan dan perdagangan yang kebijakan dalam negeri dan luar negerinya mampu memberi pengaruh besar terhadap negara lain, itulah Amerika Serikat. Amerika memainkan peran penting dalam budaya kontemporer global. Amerika adalah negara yang memiliki berragam etnik dan budaya yang dibentuk oleh arus migrasi yang berjalan cepat dan besar-besaran.

Amerika adalah suatu negara besar dengan 50 negara bagian yang tiap-tiap negara bagian menawarkan sesuatu yang berbeda satu sama lain. Kamu bisa menikmati mulai ragam pemandangan alam yang kaya hingga kehidupan metropolisnya, mulai dari kampus kecil sampai kampus super besar.

Pendidikan di Amerika menawarkan fasilitas dan sumber daya yang lengkap dan tiada duanya. Sistem pendidikan di Amerika sangat mengutamakan kualitas dan fleksibilitas terhadap dunia nyata sehingga lulusan Amerika mampu mewujudkan Mimpi Amerika versi mereka sendiri.

Amerika memiliki beragam institut dan lembaga pendidikan serta penyedia kursus yang sesuai dengan minat dan bakat kamu. Baik universitas negeri maupun swasta sama-sama menawarkan program pendidikan dari level non-gelar, Sarjana (S1), hingga Pascasarjana (S2 dan S3). Biaya kuliah di kampus-kampus negeri di Amerika memang lebih murah dibanding kampus-kampus swasta, maka tidak heran jika jumlah mahasiswa dalam satu kelas di kampus negeri cenderung lebih banyak daripada kampus swasta.

Ada pula program Community College yang menawarkan program studi kejuruan selama dua tahun. Program ini cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan teknis dalam suatu bidang industri.

Juga ada institusi pendidikan yang menggelar program pengembangan keterampilan vokasi. Program ini didesain untuk mempersiapkan lulusan yang siap terjun ke dunia industri.

Belajar Bahasa Inggris ? Amerika menawarkan kesempatan luas buat kamu yang ingin meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris. Tak peduli di level mana kemampuan bahasa Inggrismu, Amerika memiliki segudang lembaga yang siap membantu kamu lancar berbahasa Inggris.

Sistem pendidikan tinggi di Amerika Serikat sangat bervariasi, meski sedikit banyak memiliki kesamaan dengan sistem pendidikan di Indonesia. Di Amerika, universitas negeri dan swasta sama-sama menawarkan program Sarjana (S1) dan Pascasarjana (S2/S3). Universitas negeri biasanya membebankan biaya studi yang lebih rendah dengan jumlah mahasiswa yang relatif banyak, sedangkan universitas swasta memungut biaya lebih mahal tetapi jumlah mahasiswa dalam satu kelas lebih sedikit .

Amerika menggelar program Community College yang biasanya berlangsung selama dua tahun. Program ini memberikan sertifikat yang diakui bagi setiap lulusannya dan cenderung fokus pada pengembangan keterampilan praktis dan vokasi yang siap terjun di dunia kerja.

Ada pula lembaga pendidikan yang menggelar program kejuruan yang didesain sedemikian rupa untuk menghasilkan lulusan yang siap terjun ke dunia kerja, khususnya untuk bidang-bidang praktis dan teknis. Dan yang tak kalah menarik adalah kursus-kursus singkat untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris.