Apakah Anda Ingin Belajar MBA di UK?

Apakah Anda Ingin Belajar MBA di UK?

Program Master of Business Administration (MBA) dirancang untuk mengajarkan keterampilan yang Anda perlukan untuk berkarir dalam dunia bisnis, dan untuk mendapatkan gelar pascasarjana yang diakui secara internasional.

Program MBA mencakup sejumlah topik seperti kebijakan dan strategi bisnis, manajemen dan strategioperasional, pemasaran, riset pasar, keuangan dan akuntansi, teknologi informasi (TI), manajemen sumber daya manusia, kepemimpinan, kewirausahaan, dan perdagangan internasional.

Belajar bisnis di Inggris dapat menjadi dorongan yang berharga bagi karir Anda – lihat Bisnis dan manajemen untuk informasi lebih lanjut tentang program bisnis di Inggris. Gelar MBA dapat lebih meningkatkan potensi penghasilan Anda. Dalam survei karir Asosiasi MBA tahun 2010, gaji rata-rata lulusan MBA di seluruh dunia adalah £ 73.000; dan sepuluh tahun setelah lulus, gaji akan meningkat hingga 150%.

Apa yang dapat saya pelajari?

Kebanyakan program MBA penuh waktu di Inggris berlangsung selama satu atau dua tahun, dan program paruh waktu berlangsung hingga tiga tahun. Program MBA secara umum meliputi kuliah, seminar, studi kasus, proyek kelompok, dan latihan bermain peran, dan Anda perlu banyak membaca bahan kuliah Anda.

  • Ada berbagai macam program yang dapat dipilih, tapi biasanya dalam semester pertama Anda akan mempelajari kurikulum inti yang mencakup mata kuliah seperti Keuangan, Pemasaran, Sumber Daya Manusia (personalia), Ekonomi, Akuntansi, Sistem Informasi (sistem komputer untuk manajemen bisnis), metode Operasi dan Kuantitatif.
  • Di semester kedua, biasanya Anda dapat memilih sejumlah mata kuliah pilihan dan mengembangkan program MBA sesuai tujuan karir Anda. Secara progresif, program MBA dirancang untuk industri atau aspek manajemen tertentu – contohnya, manajemen keuangan, perhotelan, olahraga atau bisnis internasional.
  • Jika Anda ingin lebih memiliki spesialisasi, selain General MBA (umum), Anda dapat memilih studi Specialist MBA (spesialis) dan fokus pada sektor tertentu (misalnya pendidikan atau kesehatan), atau bidang bisnis (seperti pemasaran atau sumber daya manusia).
  • Jika Anda mempunyai tingkat pengalaman kerja yang lebih tinggi, Anda mungkin dapat mempertimbangkan Executive MBA (EMBA). Mahasiswa EMBA biasanya memiliki pengalaman kerja lebih dari 10 tahun dan menempati posisi manajemen, dan umumnya mengambil kuliah paruh waktu untuk mendapatkan gelar MBA sambil tetap bekerja.
  • Jika Anda tidak dapat menjalani kuliah di Inggris, Anda bisa mengambil pilihan pembelajaran daring/online atau jarak jauh. Program ini menggunakan buku teks, CD dan DVD, sumber daya berbasis web dan terkadang konferensi video. Banyak sekolah bisnis yang menyediakan dukungan setempat dan, jika Anda kuliah dari negara Anda, mungkin Anda dapat bertemu dengan staf akademik dari Inggris.

belajar mba di uk

Memilih dan mendaftar

Ada banyak tabel peringkat (league table) yang bisa dilihat, dan mungkin Anda ingin melihat peringkat sekolah berdasarkan kepuasan siswa, kualitas guru atau reputasinya di kalangan perusahaan – baca lebih lanjut di sini. Jika Anda sedang mempertimbangkan sebuah sekolah bisnis, tanyakan kepada mereka tentang perusahaan yang merekrut lulusan dari program mereka, dan lihat jenis organisasi tempat alumni mereka bekerja sekarang. Hal tersebut akan memberi Anda gambaran tentang pandangan industri terhadap sekolah tersebut.

Biaya program bervariasi dari 16.000 pound sterling hingga lebih dari 40.000 pound sterling untuk program yang terakreditasi. Meskipun demikian, perlu diingat bahwa biaya kuliah yang mahal tidak menjamin kualitas MBA kelas atas, biaya yang murah juga tidak berarti kualitasnya lebih rendah.

Untuk pendaftaran, Anda harus mendaftar secara langsung ke sekolah bisnis pilihan Anda – hubungi mereka melalui email untuk detailnya. Tenggat waktu pendaftaran ada yang berlangsung cepat di bulan Januari sebelum tanggal mulai perkuliahan di bulan September, jadi pastikan Anda memeriksa persyaratannya dengan baik sebelumnya.

Persyaratan masuk

Banyak lembaga yang meminta Anda untuk mengikuti Tes Penerimaan Masuk Manajemen Pascasarjana (Graduate Management Admission Test/GMAT) sebelum Anda mengambil sebuah program. Tes ini meliputi penalaran verbal dan analisis numerik. Ini dirancang untuk memeriksa apakah Anda mampu menjalani studi MBA.

Untuk mengambil sebuah program, biasanya Anda perlu memiliki:

  • Pengalaman bisnis sebelumnya – biasanya minimal dua atau tiga tahun di posisi manajemen
  • Gelar sarjana (tidak harus jurusan bisnis)

Akibatnya, mahasiswa MBA biasanya berusia minimal 25 tahun.

Tergantung pada kewarganegaraan Anda, Anda mungkin memerlukan visa untuk belajar di Inggris. Visa dikelola oleh Visa dan Imigrasi Inggris (UK Visas and Immigration). Untuk mengetahui apakah Anda memerlukan visa dan bagaimana cara mengajukannya, silakan lihat Visa.

Untuk informasi lebih lanjut tentang belajar di UK , silakan lihat situs Education UK