Belajar Seni dan Desain di Australia

Belajar Seni dan Desain di Australia

Selain kualitas, keahlian untuk berinovasi dan berpikir kreatif sangatlah dicari dari para lulusan universitas dan kualitas-kualitas ini dipelihara dalam program bergelar seni dan desain pendidikan tinggi Australia dan dihargai oleh para pencari kerja.

Studi seni (seni rupa, seni kreatif, seni visual) cukup luas dan meliputi dasar dalam banyak ilmu pengetahuan tradisional seperti: melukis, menggambar, memahat, keramik, fotografi, seni grafis, video, digital dan multimedia. Banyak dari ilmu pengetahuan yang telah disebutkan tadi juga mempunyai spesialisasi yang lebih dalam lagi seperti seni grafis yang bisa untuk mencetak di kertas (cetakan seni rupa) atau di kain tekstil. Studi desain juga luas dan mempunyai area studi yang beragam: grafis (komunikasi visual), spasial (desain interior, arsitektur interior, desain teater, visualisasi 3D digital), objek (desain industri, desain keramik, desain perhiasan), fashion (tekstil, menenun, pakaian), animasi, suara, interaktivitas dan permainan.

art and design students

Tetapi, seni kontemporer dan praktek desain mendorong siswa untuk bereksperimen disemua ilmu pengetahuan, menerapkan praktek multi ilmu pengetahuan, menggabungkan tradisi dengan teknologi paling mutakhir serta memiliki satu kaki dalam pengetahuan seni dan desain dan kaki satunya di ilmu pengetahuan yang sangat berbeda seperti sains, teknik, pengobatan atau keuangan. Banyak dosen desain di Australia tumbuh dari sekolah seni rupa sehingga mempunyai relasi antara seni dan desain yang kuat dan saling mempengaruhi. Keuntungan dari fakultas seni dan desain dalam universitas yang besar yaitu menghasilkan perpindahan dan pertukaran keahlian dan pengetahuan yang baik dari satu ilmu pengetahuan ke ilmu pengetahuan lain dan menciptakan praktek campuran yang menarik. Juga ada kecenderungan yang terjadi pada siswa universitas seni dan desain dimana para siswa memilih untuk belajar dua gelar untuk memperdalam dan memperluas keahlian mereka. Contohnya adalah dua gelar seperti Bachelor of Design/Bachelor of Commerce, Bachelor of Fine Art/Bachelor of Science dan Bachelor of Computing Science/Bachelor of Media Arts (Animation). Dua gelar yang sangat beragam tersebut mencerminkan sifat ingin tahu yang terus berkembang dari para siswa universitas pada masa sekarang ini dan bagaimana ketertarikan siswa sedang membentuk sektor universitas.

Australia mempunyai berbagai macam penyedia pendidikan dari Technical and Further Education (TAFE) yang memberikan pendidikan kejuruan dan pelatihan untuk memenuhi kebutuhan para pencari kerja dan siswa. Pendidikan Tingkat Tinggi di Australia terdiri dari 169 penyedia pendidikan tinggi yang meliputi 43 universitas. Ijazah mulai dari gelar diploma, Sarjana, Graduate Diploma, Magister dan doktoral tersedia dalam seni dan desain. Sebagian dari gelar tersebut menawarkan studi yang berbasis praktikum dan pada tingkat doktoral, si kandidat dapat menunjukan pemikiran pada tingkat lebih tinggi melalui penelitian berbasis praktikum. Pemerintah Australia menjamin kualitas yang terjamin dan sistem perlindungan siswa sehingga semua institusi pendidikan, entah swasta maupun negeri harus memenuhi standar tertinggi untuk pengalaman pendidikan siswa. “Australia secara terus-menerus menduduki peringkat diantara tempat tujuan belajar paling populer bagi mahasiswa internasional. Pada tahun 2015, ada 498,155 siswa yang memilih untuk datang ke Australia untuk memperdalam pendidikan mereka” (National Strategy for International Education 2025. Laporan Pemerintah Australia, April, 2016). Australia mempunyai reputasi sebagai tempat yang baik untuk tinggal dan belajar serta menyediakan pengalaman pendidikan berkualitas tinggi.

art students in australia

Karir dan kerja bagi para seniman dan desainer tidak pernah se-menyenangkan ini. Australia secara geografis terletak disamping negara besar yang sedang berkembang, terutama China dan Asia Tenggara dan media kami, seni visual dan pertunjukan, industri hiburan dan kebudayaan kami yang berkembang baik menyediakan komunitas yang kaya dimana seni dan desain berkembang maju dan memberikan kontribusi bagi keragaman budaya, keterlibatan sosial, kelestarian lingkungan dan kemajuan teknologi. Australian Trade Commission mengakui bahwa Industri Kreatif memerankan peran penting dalam pendidikan, pelatihan dan perkembangan pemimpin, desainer dan para seniman masa depan secara global. Selain itu, pemerintah Australia mendorong mahasiswa internasional yang ingin menjadi seniman dan desainer agar mempunyai akses yang lebih baik ke industri kreatif kami untuk meningkatkan kelayakan kerjanya nanti dengan memberikan mereka visa kerja setelah kuliah yang mengijinkan siswa internasional yang telah belajar di Australia untuk dapat tetap tinggal setelah menyelesaikan studi mereka selama 2-4 tahun.

Pendidikan seni dan desain berkualitas tinggi yang disediakan di Australia menyiapkan siswa untuk menjadi warga global yang melalui gambar, tulisan, pengalaman, objek dan lingkungan (baik secara fisik maupun secara digital) dapat menunjukan, berkomentar dan membentuk komunitas, negara dan dunia mereka.

Associate Professor Vaughan Rees
Associate Dean International
Art&Design, University of New South Wales
Sydney, Australia