Belajar Sosiologi di Inggris

Belajar Sosiologi di Inggris

Belajar Sosiologi di Inggris

Mengapa masyarakat kita begitu terorganisir seperti sekarang ini? Mengapa hal itu berubah sejalannya waktu? Apa yang kita benar-benar tahu mengenai isu penting, seperti bagaimana para imigran dapat bergabung ke dalam negara baru mereka dan bagaimana para remaja menggunakan situs-situs jaringan sosial? Apa yang mengarahkan wanita ke dalam prostitusi – apakah karena kekurangan uang atau karena kurang pendidikan?

Para sosiolog mencoba untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan seperti ini dan banyak pertanyaan penting lainnya karena sosiologi adalah studi kemasyarakatan, bagaimana masyarakat diorganisir, mengapa bisa berubah dan apa prinsip yang mengendalikan bagaimana ia bekerja. Para sosiolog membawa penelitian ke dalam pendidikan, etnis, jenis kelamin, kesehatan, keluarga, makanan, agama, pekerjaan, olahraga dan banyak bidang lainnya yang penting.

Banyak dari pekerjaan tersebut telah dilakukan di Inggris. Inggris telah mengajarkan sosiologi di universitas Inggris selama lebih dari satu abad, dengan ribuan pengajar dengan kualifikasi sosiologi yang mengajarkan subjek tersebut kepada lebih dari 30,000 mahasiswa di Inggris pada saat ini.

bsa conference

British Sociological Association Conference

Sebuah laporan tolak ukur internasional pada tahun 2010, yang ditulis oleh sebuah tim yang dipimpin oleh Professor Helga Nowotny, President dari European Research Council pada waktu itu, mengatakan bahwa sosiologi Inggris “terletak di garis terdepan internasional” dari sosiologi dunia.

Laporan tersebut mengatakan bahwa sosiologi Inggris “sangat unggul dalam kerangka internasional yang lebih luas, sebagai, mungkin, kedua hanya terhadap Amerika,” dan “terus-menerus menjadi inovatif dan hidup secara intelektual dan menunjukan banyak tanda-tanda yang meyakinkan dari keterlibatan yang kuat dan hidup dengan dunia masa kini dan masalahnya yang bermacam-macam.”

Sosiologi di Inggris tidak hanya membahas tentang Inggris, tentu saja. Ia juga membahas mengenai isu dunia, seperti migrasi dan globalisasi. Suatu hal dianggap isu seperti bagaimana perubahan cuaca dapat mempengaruhi bagaimana masyarakat kita berjalan, dan apakah pemerintah nasional dapat menjamin bahwa sebagian besar orang mempunyai pekerjaan, pendidikan dan perawatan kesehatan atau apakah sebagian besar keputusan yang mereka ambil atas dasar pemikiran perusahaan transnasional. Sosiologi Inggris sangat berkaitan erat dengan sosiologi di negara lainnya dan jurnal akademik Inggris seringkali membawa dokumen dari para peneliti diseluruh dunia. British Sociological Association (BSA) mempunyai koneksi dengan lebih dari 400 institusi di 45 negara.

Beberapa proyek memberikan informasi dari penelitian akhir-akhir ini yang dilakukan oleh para sosiolog di Inggris. Satu, diterbitkan oleh BSA pada Maret 2015, menemukan bahwa jaminan kesehahteraan dalam 18 negara eropa membuat penduduk untuk lebih ingin bekerja, bukan sebaliknya. Satu proyek di 2014 menemukan bahwa Eropa Barat menghadapi krisis demografi yang disebabkan oleh pertumbuhan pekerjaan part-time dan pekerjaan sementara. Proyek lainnya, dilakukan bekerjasama dengan BBC, menginvestigasi kelas sosial di Inggris modern (http://www.bbc.co.uk/science/0/21970879).

Salah satu alasan mengapa sosiologi Inggris telah mendapat pengakuan internasional adalah karena suasana intelektualnya yang terbuka telah membuat para pelajar dan peneliti dari luar negeri datang ke universitas Inggris selama dasawarsa-dasawarsa terakhir ini.

Sekitar 40 universitas Inggris mempunyai departemen sosiologi dan lebih dari 70 universitas lainnya mengajarkan program sosiologi di departemen lain, jadi mereka yang ingin belajar di Inggris mempunyai pilihan yang sangat luas.

bsa logoWebsite British Sociological Association (www.britsoc.co.uk) mempunyai bagian yang terdedikasi bagi mereka yang ingin belajar sosiologi. Silahkan lihat: https://www.britsoc.co.uk/what-is-sociology/studying-sociology

Bagian sarjana mempunyai tautan ke situs Universities and Colleges Admissions Service di Inggris, dimana program sosiologi dapat dicari disana. Biasanya tidak ada persyaratan bahwa si pendaftar harus telah belajar sosiologi di sekolah mereka agar dapat mengambil sosiologi di universitas Inggris.

Gelar sosiologi dari Inggris membuat para lulusan menjadi menarik dimata pencari tenaga kerja di dunia karena ia telah menanamkan kemampuan yang tak ternilai, seperti bagaimana menghasilkan informasi baru menggunakan peralatan penelitian yang beragam, bagaimana bekerja dalam tim, dan bagaimana untuk bekerja secara efektif tanpa pengawasan yang ketat. Kemampuan-kemampuan ini, dan pengamatan yang lebih luas mengenai bagaimana masyarakat bekerja yang diajarkan oleh mata pelajaran tersebut, merupakan alasan banyak pencari tenaga kerja melihat sebuah gelar dalam sosiologi sebagai sangat relevan.

Mereka yang belajar sosiologi mendapat pekerjaan yang bervariasi, meliputi bekerja dalam kesehatan dan pendidikan, sistem pengadilan kriminal, advokasi dan bidang hak-hak, pemasaran dan komunikasi, regenerasi perkotaan, tempat tinggal, organisasi masyarakat, kebijakan sosial, keuangan, dan bidang pribadi perusahaan lainnya. Sebuah laporan pada tahun 2013 menemukan bahwa lulusan ilmu sosial lebih mudah mendapat pekerjaan setelah mendapat gelar pertama mereka dibandingkan dengan lulusan dalam bidang lainnya seperti sains dan seni, dan sebagian besar proporsinya sebagai manajer dan pejabat senior.

BSA ditempatkan dengan baik untuk membuat kasus untuk sosiologi. Kami didirikan sebagai organisasi profesional yang mewakili para sosiologi di Inggris, dan kami mempunyai 2,700 anggota di Inggris dan diluar negeri. Kami mengoperasikan sebuah jaringan dari 50 lebih kelompok belajar, gratis bagi anggota BSA, meliputi beragam spesialisasi dalam mata pelajaran dan kami menjalankan forum pascasarjana dan karir awal sebagai cara untuk membagikan ketertarikan yang sama. BSA juga memberikan nasihat gratis kepada anggotanya dalam tulisan dan penerbitan dalam jurnal akademik dan mempromosikan penelitian di media. Silahkan hubungi kami bila anda ingin tahu lebih banyak lagi: enquiries@britsoc.org.uk

– Judith Mudd, BSA Chief Executive     www.britsoc.co.uk

Laporan tolak ukur dapat dilihat di:
www.esrc.ac.uk/files/research/evaluation-and-impact/international-benchmarking-review-of-uk-sociology

Laporan tujuan para lulusan dapat dilihat di:
https://campaignforsocialscience.org.uk/news/social-science-graduates-likely-work-graduates-report-says

Kami mengundang kalian semua datang ke sosiologi untuk pertama kali, yang ingin mengetahui lebih lanjut untuk mengunjungi website satelit baru kami yang didesain untuk para pelajar pra-universitas: www.discoversociology.co.uk