Manajemen Waktu di Perguruan Tinggi di Amerika

Manajemen Waktu di Perguruan Tinggi di Amerika

Perguruan tinggi di Amerika telah memberikan saya banyak pengalaman dan telah mengajarkan saya beberapa macam keahlian – tetapi hal yang terpenting yang telah saya pelajari adalah keahlian untuk mengatur waktu saya dengan efisien.

University of Pennsylvania mempunyai pilihan kelas yang sangat luas, macam-macam kegiatan ekstrakulikuler dan acara sosial yang diadakan di kampus setiap hari. Faktanya pada awal saya datang ke Penn, saya terkagum-kagum karena selalu saja ada kegiatan disana. Setiap hari dipenuhi dengan pertunjukan teater, pertunjukan acapella, ujian, pertemuan, rencana makan malam dan masih banyak lagi. Saya sering lari dari satu tempat ke tempat lain hanya untuk menjamin bahwa saya sudah merasakan dan melihat semua kegiatannya. Tetapi seiring berjalannya waktu, saya mulai belajar bagaimana untuk tidak hanya menggunakan waktu saya dengan bijaksana tetapi juga memaksimalkan waktu yang saya habiskan di suatu tempat. Contohnya saya memulai mengambil langkah kecil seperti membawa buku rencana harian. Saya akan menggunakan buku rencana ini untuk menulis segala sesuatu yang mungkin menarik minat saya. Saya bahkan menyimpan brosur dari kegiatan yang menurut saya menarik dan menyelipkannya dalam buku rencana saya. Ini ternyata lebih bermanfaat dari yang saya bayangkan. Dengan segera, saya mulai menyusun sebagian besar rencana saya sendiri. Dan menjadi jauh lebih mudah bagi saya untuk mengikuti kegiatan-kegiatan yang sedang berlangsung.

Penn building

Ada beberapa hal lain yang telah mengajarkan saya tentang manajemen waktu selama saya di UPenn. Banyak diantaranya adalah bagaimana untuk tidak pernah meremehkan kekuatan dari hal kecil seperti mendengarkan musik dalam perjalanan ke kelas atau seberapa pentingnya untuk meluangkan 5 menit sehari hanya untuk bernafas dan introspeksi diri. Ini semua adalah bahan bahan yang diperlukan untuk menjaga anda tetap gembira dan sehat. Triknya adalah menjamin anda memberikan dirimu waktu untuk bertumbuh sesuai dengan kecepatan dan keseluruhan stimulasi lingkungan anda.

Fakta dari masalah ini adalah, kehidupan di Amerika sangat terburu-buru. Faktanya kehidupan perguruan tinggi biasanya mempunyai semacam sengatan listrik yang membuat kesibukan itu hampir menular. Orang-orang disini mendapatkan kesenangan yang susah dijelaskan dari jadwal sibuk mereka dan rencana-rencana mereka. Anda tidak akan pernah merasa kesepian ataupun bosan. Anda selalu mempunyai teman yang siap untuk bertemu dengan anda atau klub mahasiswa yang membutuhkan bantuan anda. Karena anda datang dari negara lain kemari untuk belajar, pastikan anda menemukan tempat anda disini. Rasanya tenang mendengar bahwa anda tidak akan pernah sendirian, karena selalu ada seseorang yang menjalani hal yang sama dengan anda. Inilah mengapa saya suka belajar disini!

Oleh Isha Gupta
Mahasiswa tingkat dua di
Wharton School Of Business