Belajar Matematika di UK

Belajar Matematika di UK

Belajar Matematika di UK

Belajar matematika di universitas Inggris mempunyai sejarah yang sangat panjang dimulai sejak lebih dari 500 tahun lalu hingga Abad Pertengahan, dimulai di universitas Oxford dan Cambridge. Tentu saja, telah berubah sangat drastis sejak saat itu dan sekarang ada lebih dari 70 universitas di Inggris yang menawarkan program matematika sarjana. Pada tahun 2014/2015 ada sekitar 35,000 mahasiswa yang belajar untuk gelar sarjana dalam matematika (termasuk dalam statistik) dan 6,000 mahasiswa pascasarjana.

Keunggulan dari matematika Inggris pada dasarnya terkait pada kualitas dari pengajar akademik yang dipekerjakan oleh universitas tersebut. Pengajar matematika di Inggris berasal dari seluruh dunia dan membantu menjamin bahwa lingkungan dalam departemen matematika universitas mempunyai kebudayaan yang beraneka ragam dan mempunyai layanan dan fasilitas yang lengkap. Sebagian besar dari para pengajar ini ikut serta dalam penelitian matematika dan ini merupakan salah satu keunggulan dari Inggris. Sebuah Ulasan Internasional tentang Penelitian Matematika yang dilakukan pada tahun 2010 menyimpulkan bahwa “penelitian sains matematika Inggris merupakan yang terdepan  dalam beberapa bidang, sangat baik dalam bidang lainnya dan unggul secara keseluruhan”. Bila kamu belajar di Inggris, kamu mungkin akan diajarkan oleh beberapa dari para ahli matematika terbaik di dunia.

Program tipe sarjana yang paling popular yaitu selama 3 tahun dan mendapatkan gelar BSc, tetapi ada pilihan lainnya. Bagi mereka yang ingin berkarir dalam penelitian matematika, atau mereka yang hanya ingin belajar matematika dengan lebih dalam, banyak universitas Inggris menawarkan pilihan 4 tahun program bergelar MMath. Selain itu, kamu mungkin ingin menghabiskan waktu setahun selama masa studi-mu untuk bekerja di sektor industri atau komersial untuk mendapatkan pengalaman tambahan yang berharga; sekitar 40 universitas di Inggris menyediakan pilihan belajar matematika dengan setahun penempatan industri. Disini juga bisa belajar matematika bersamaan dengan subjek lainnya – pilihan yang populer adalah ilmu komputer dan ekonomi – tetapi masih banyak kombinasi lainnnya yang dapat dipilih.

Asian maths students in UK

Hal ini mungkin tidak mengejutkan kamu bahwa belajar matematika di universitas cukup berbeda dari pengalaman belajar matematika yang kamu dapatkan ketika duduk di bangku SMA. Matematika adalah sebuah bahasa yang membantu kita mendeskripsikan semua jenis konsep abstrak yang mendukung sains dan teknik. Kadang kala, kita belajar konsep tersebut sebagai kesatuan dalam kebenaran mereka sendiri dan melihat kemana arah tujuannya – dan sejarah telah mengajarkan kami bahwa hal ini dapat menghasilkan beberapa penemuan yang mengejutkan yang ternyata mempunyai implikasi yang mendalam. Hal ini meliputi belajar bagaimana membuat argumen yang ketat yang menggunakan bukti matematika. Pada sisi lain, terkadang kami menginvestigasi ide matematika melalui aplikasi domain tertentu, yang sering kali merupakan interpretasi dari jawaban yang merupakan tantangan dunia nyata. Dalam beberapa kasus, hubungan antara teori matematika dan penerapan dunia nyata adalah melalui penghitungan dan siswa matematika di universitas Inggris sangat berkemungkinan mendapatkan pengalaman perhitungan yang banyak. Matematika adalah mata pelajaran yang kaya dan sebagai seorang mahasiswa kamu akan semakin fokus, terutama pada tahun-tahun berikutnya, pada bagian-bagian dari subjek yang paling menarik bagi kamu.

Para lulusan matematika sangat dibutuhkan dan kebutuhan itu terus meningkat. Antara tahun 2011 dan 2013 jumlah orang yang bekerja dalam pekerjaan yang membutuhkan kualifikasi matematika meningkat secara mengejutkan yaitu 20%. Setelah menyelesaikan gelar matematika, kamu dapat mengambil semua peluang yang ada. Kemampuan yang akan kamu pelajari akan berguna dalam hampir semua karir yang terpikirkan olehmu, mulai dari akuntansi hingga penelitian ilmiah, dan pekerjaan bagi para lulusan matematika memiliki gaji yang baik. Institute of Mathematics and its Applications memiliki website Karir Matematika (http://www.ima.org.uk/careers/maths_careers.cfm.html) yang menyediakan banyak informasi bagi segala umur tentang peluang yang tersedia bagi mereka yang telah belajar matematika.

Jadi, karena berbagai macam alasan, memilih untuk belajar matematika di universitas sungguh masuk akal. Itu membuat pilihan kamu terbuka dan mengijinkan kamu untuk dapat memilih beragam pilihan karir yang menarik pada hari nanti. Tetapi faktor yang paling penting yang mempengaruhi kamu memilih apa yang mau kamu pelajari di universitas sebaiknya adalah apakah kamu menyukai subjek tersebut. Tidak ada yang lebih bisa mendorong perkembangan pengalaman kamu sebagai siswa selain entusias kamu untuk subjek yang kamu pilih. Saya sangat menyukai matematika saat di bangku sekolah dan memilih untuk mengejarnya ke universitas. Saya yakin bahwa saya telah membuat keputusan yang tepat!

Professor Chris Linton
President of the Institute of Mathematics and its Applications
Provost and Deputy Vice-Chancellor, Loughborough University