Ohio University: detil program dari Seminar Pemasaran Eksekutif

Ohio University: detil program dari Seminar Pemasaran Eksekutif

Bagian 2 – Ohio University: detil program dari Seminar Pemasaran Eksekutif

Pada bagian pertama dari seri ini, Nathália memberitahu kita tentang apa yang dapat dilakukan dari pengalamannya sebagai siswa di Ohio University, di Athena. Di artikel ini, kita akan mengetahui lebih detil tentang program studi dalam Pemasaran.

Setiap kali saya merencanakan perjalanan baru, saya selalu membuat harapan yang tinggi tentangnya, dan kali ini juga tidak berbeda jauh. Saya merencanakan menghabiskan 30 hari di Amerika, 18 hari berwisata dan 12 hari belajar, dengan merayakan ulang tahun 30 tahun di New York City. Saya sudah memesan tempat tinggal, atraksi, tiket bus dan menyiapkan anggaran biaya perjalanan serta menyiapkan pikiran saya untuk program musim panas intensif di Ohio University, tetapi sebenarnya saya tiba di bandara Columbus tanpa mengetahui dengan detil apa yang akan kami pelajari. Seminar Pemasaran Eksekutif tersebut tersusun sebagai berikut:

  • Para profesor dari College of Business mengajar di kelas-kelas di berbagai ruangan yang berbeda di seluruh kampus di Athena. Kami mempunyai kelas di Walter Hall, Copeland Hall dan di Nelson Commons;
  • Pelajaran Bahasa Inggris Bisnis dan Pemasaran masing-masing 32 jam;
  • Belajar dengan dedikasi full-time, mulai dari jam 9 pagi hingga jam 12 siang dan mulai dari 1:30 siang hingga 5:30 sore;
  • Kami mengunjungi perusahaan-perusahaan pada Jum’at pertama dari program kami – di edisi musim panas ini kami pergi ke Fahlgren Mortine, agen periklanan, dan Koran The Columbus Dispatch;
  • Kami lulus dan menerima sertifikat resmi OU saat upacara spesial.

 nathalia graduating           ohio university building

Pada hari pertama kami tiba, LAIOB mengatur bus anter jemput dari bandara ke universitas, dan lalu kami pergi ke asrama dan bersiap-siap untuk mengikuti makan malam sambutan yang dipimpin oleh Scott Wright, direktur program pendidikan eksekutif Latin America. Pada hari berikutnya, kelas dimulai pada jam 9 pagi dengan pelajaran Bahasa Inggris Bisnis – kami belajar tentang gaya komunikasi pribadi, keahlian presentasi, dan bahasa Inggris di tempat kerja, seta banyak trik untuk meningkatkan penguasaan seseorang terhadap mata pelajaran tersebut. Karena program ini mempunyai 80 siswa Brazil di kelasnya, maka diluar ruang kelas kami berlatih bahasa Inggris sangat sedikit. Intinya adalah berteman dengan siswa lainnya di kampus atau dengan orang lokal setiap kali kamu keluar dari Court Street, bahkan bila itu hanya untuk membahas cuaca, yang penting adalah berbicara dan mempraktekan.

Profesor akademik dan dosen yang berorientasi pasar memberikan seminar pemasaran, dan kami membahas: penelitian pasar, penjualan dan layanan, branding, segmentasi dan posisi. Yang terbaik diantara mereka adalah Tom Marchese, mantan Wakil Presiden dari beberapa perusahaan Amerika yaitu – Elmer’s, Papa Murphy’s, Bob Evans, Wendy’s, Hershey Chocolate, KFC and Nestle. Tom sangat bersemangat dan dia membagikan banyak pengalaman tentang masa-masa dia di perusahaan tersebut, yang membantu kami menangkap semua konsep yang dia diskusikan saat studi kasus.

Selain mendapatkan pengetahuan baru, yang saya paling saya dapatkan dari perjalanan ini adalah orang-orang: teman baru, para profesor, dan saat-saat dimana kita belajar kelompok dan tertawa bersama ataupun gugup setengah mati, gladi resik untuk presentasi umum dan upacara kelulusan. Dari Athena saya menyimpan memori terbaik dari musim panas Amerika ini yang dihabiskan bersama dengan teman Bobcat saya.

 

Nathália Matychevicz adalah seorang yang bekerja di bidang periklanan, pekerja lepas dan turis ketika dia mempunyai waktu luang.