Arizani Belia Rizki, Pasadena High School, Adelaide

arizani-image-1

Umur: 22 tahun
Alamat: Bandung, Jawa Barat

Kenapa memilih untuk belajar di Australia?

Saya kebetulan ikut dengan ayah yang sedang melaksanakan program doctor di Flinders University. Selama ayah saya kuliah, saya belajar sebagai pelajar tingkat SLTP hingga SLTA. Saya memilih untuk ikut dengan ayah dan menempuh pendidikan tingkat SLTP dan SLTA di negeri Australia ini agar mendapatkan pengalaman baru terutama ilmu berbahasa Inggris.

Apa yang kamu suka tentang sekolahnya?

Pasadena High School yang berada di Adelaide memiliki sistem pendidikan yang berbeda. Dimana kreatifitas dan keterampilan sangat ditekankan. Berbeda dengan sekolah di Indonesia, Pasadena High School memiliki kelas-kelas keterampilan seperti fotografi, seni kayu, menjahit, drama, bahkan musik. Suasana belajar di Pasadena sangat nyaman, luas, dan siswa dapat berekspresi dalam memilih mata pelajaran yang diminati.

Apa yang kamu paling suka tentang Adelaide?

Adelaide terkenal sebagai kota pelajar, dimana banyak kampus, sekolah khusus, juga perpustakaan yang sangat lengkap. Adelaide juga memiliki banyak tempat untuk bersantai dan mudah untuk dijangkau, termasuk pantai Glenelg. Terlebihnya kota Adelaide ini sangat bersih.
Apakah kamu mengalami ‘gegar budaya’ ketika tiba?

Iya pastinya, budaya Indonesia dengan budaya yang ada di Australia sangat berbeda terutama dalam bahasa. Aksen Australia sangat kental dan berbeda dari bahasa Inggris yang saya pelajari biasanya menggunakan bahasa Inggris Amerika. Banyak ‘slang’ dan kata-kata menjadi aneh. Namun hal itu sangat unik dan cukup lama untuk saya beradaptasi.

Apa yang akan kamu rindukan tentang Australia?

Saya akan merindukan suasananya, disana sangat damai dan nyaman. Saya juga akan sangat merindukan kangguru, koala, serta taman-taman yang begitu luas dan indah di sana.

Apa kamu punya tips atau saran untuk menghemat biaya saat sekolah ke luar negeri?

Saya pada umur 14 tahun dapat bekerja paruh waktu, dan ini bebas dapat memilih dimana saja tempat kerja yang sesuai dengan anda. Jam kerjanya pun sangat fleksibel disana, terlebih juga bayarannya per jam, dan cukup tinggi dibanding di Indonesia. Saya biasanya bekerja di supermarket yang tidak jauh dari rumah untuk menghemat ongkos.

Bagaimana menurutmu kamu sudah diuntungkan dari belajar di luar negeri?

Pengalaman belajar di luar negeri itu sangat luar biasa. Kita bisa belajar sistem yang berbeda dan lingkungan yang begitu khas dari Adelaide. Orang-orang Adelaide sangat ramah terutama dalam mengajarkan bahasa mereka.

Apa saran untuk para pelajar Indonesia yang akan belajar ke luar negeri untuk pertama kalinya?

Saran saya pelajari dulu daerahnya melalui artikel-artikel dan buku-buku, agar terarah tujuannya. Juga belajar bahasa mereka, karena komunikasi sangat penting.