Hardin, Murdoch University

Hardin, Murdoch University

Hardin, Murdoch University

Lihat website Study Perth untuk informasi lebih lanjut tentang belajar di perth

Mengapa kamu memilih untuk belajar di Australia?
Banyak hal yang membuat saya kenapa saya memilih Australia untuk melanjutkan studi saya. Tapi yang paling utama adalah Australia dengan julukannya, Negeri Kanguru memiliki system pendidikan yang bagus dan mampu menciptakan pelajar menjadi lebih berkualitas internasional dan bisa bersaing di dunia kerja. Selain itu, semua fasilitas baik itu pendidikan maupun fasilitas sosial dan umum sudah sangat modern sehingga sangat mendukung kehidupan saya. Juga, sambil kuliah, mahasiswa mempunyai kesempatan besar untuk bekerja separuh waktu (part-time) dan mendapatkan pengalaman kerja tentunya.

Apa yang paling kamu suka dari sekolah?
Sebuah kebanggaan yang berharga bisa melanjutkan pendidikan di Australia, khususnya belajar di kampus Murdoch University di kota Perth. Satu hal yang saya suka dari Murdoch University adalah Dosennya sangat baik dan selalu memberikan motivasi bagi mahasiswanya untuk membuka ide-ide baru dan berpikir ilmiah. Mahasiswa dinggap sebagai teman diskusi dan sharing. Hal lainnya adalah lingkungan kampusnya memilik banyak ruang hijau, olehnya bukan hanya di perpustakan kita bisa belajar tapi diluar ruanganpun sangat layak sebagai tempat belajar dan diskusi kelompok.

Apa yang paling kamu suka tentang Perth?
Dengan kurang lebih dua tahun tinggal di Perth, Australia Barat, saya merasa bahwa kota Perth, yang merupakan salah satu kota yang paling luas di Australia, memiliki sarana dan prasarana yang memadai untuk seorang pelajar. Mulai dari fasilitas pendidikan, tempat umum, taman kota dan kesehatan, sehingga mendukung kehidupan pelajar dan layak membawa keluarga juga. Begitupun juga dengan lingkungannya, hampir tidak ada polusi udara dan juga kemacetan lalu lintas. Kota Perth bisa menjadi pilihan pertama dan utama bagi yang akan melanjutkan pendidikan di Australia, janganlah ragu dan bimbang untuk kuliah di kota tersebut.

Apakah kamu mempunyai kiat-kiat untuk menghemat uang pada waktu belajar di luar negeri?
Untuk masalah penghematan belanja, saya punya beberapa trik tentunya. Pertama, keuntungan besar bagi pelajar yang pintar masak memasak karena dengan punya keahlian tersebut, kita bisa mengurangi uang belanja makan keseharian karen dengan belanja bahan makanan dan memasak sendiri, maka akan lebih murah. Trik berikutnya adalah jika anda tiba di Australia, jangan dulu membeli barang-barang baru. Ada baiknya bertanya dulu ke pelajar yang telah dating sebelumnya. Kebanyakan mahasiswa yang telah menyelesaikan studinya akan menjual barang-barang lebih murah dan malah dikasih gratis. ┬áJadi anda tidak perluh membeli barang baru lagi dan yang lebih mahal harganya yang hanya dipakai sekitar 2 – 4 tahun.

Apa keuntungan yang kamu dapat setelah mengambil studi di luar negeri?
Keuntungan mengambil study diluar negeri sangat banyak tentunya. Alumni luar negeri mempunyai pengalaman dan pengetahuan global yang akan lebih bermanfaat dan menjanjikan untuk mendapatkan bekerjaan lebih layak. Disamping mendapatkan ilmu melalui berkuliahan, sharing pengalaman sesama pelajar yang dari berbagai negara lain, berdiskusi akan lebih mengesankan dan berharga. Dengan memperluas jaringan bersahabatan dari berbagai negara adalah hal yang sangat berguna ketika pulang ke daerah asal. Suatu hari kita kelaknya bisa menjalin sebuah kerja sama regional atau internasional dan membagi informasi yang bermanfaat.

Saran apa yang akan kamu berikan ke murid Indonesia yang mengambil studi di luar negeri untuk pertama kali?
Pertama yang harus dipersiapkan sebelum memilih untuk kuliah di luar negeri adalah anda harus siap untuk mandiri. Kehidupan di sana mungkin akan sangat berbeda dengan di daerah sendiri. Pembagian waktu dan kedisiplinan juga adalah paling utama untuk mendapatkan keseimbangan diantara kehidupan kuliah, sosial dan pribadi. Mungkin anda akan merasa sedikit takut, tapi yakin saja, ketakutan akan hilang jika terbangun motivasi yang kuat untuk menuntut ilmu dan mencobanya.