Helio Miguel Arcanjo, University of Hawaii at Hilo

Helio

Helio Miguel Arcanjo
Dari: Timor Leste
Belajar di: UH Hilo

Mengapa anda memilih untuk belajar di Amerika?
Belajar di Amerika adalah mimpi saya sejak kecil karena kualitas pendidikannya yang begitu menonjol. Jadi, setelah tamat SMA, saya selalu mencari kesempatan untuk belajar disini melalui beasiswa. Kemudian, pada tahun 2013 saya mendapatkan sebuah beasiswa dan di kirim ke Amerika.

Apa yang paling anda sukai dari sekolah tersebut?
Dengan jujur saya harus mengatakan bahwa banyak sekali hal yang saya sukai dan membuat saya bangga telah memilih sekolah di Amerika, khususnya di UH Hilo. Saya sangat menyukai proses belajar mengajar di dalam kelas di universitas ini, yang menurut saya standar pembelajarannya sangat produktif dan maksimal karena hampir seluruh kelas yang ditawarkan hanya menampung pelajar dalam jumlah yang kecil. Sehingga interaksi di dalam kelas antara para dosen dan para siswa sangatlah interaktif dan efektif. Disamping itu, pelajar juga mempunyai banyak sekali kesempatan untuk berkonsultasi empat mata dengan dosen pada jam kantor dosen. Hal ini merupakan sebuah keunggulan tersendiri dari sekolah ini karena susah sekali untuk mendapatkan banyak kesempatan berkonsultasi secara langsung dengan dosen di universitas-universitas besar di Amerika. Selain itu, dengan jumlah pelajar yang tidak begitu banyak, dapat memberikan sebuah ruang interaksi antar pelajar yang sangat bagus karena para pelajar bisa saling mengenal satu sama lain, sehingga mudah berinteraksi dan bisa saling membantu dalam urusan akademis. Hal lainnya yang saya sukai dan bangga menjadi pelajar di universitas ini adalah keragaman pelajarnya, dimana UH Hilo sudah tercatat beberapa kali sebagai universitas nomor satu paling beragam diantara ribuan universitas di seluruh Amerika. Dengan keanekaragaman dimana pelajarnya datang dari berbagai pelosok dunia dengan latar belakang budaya yang berbeda, menurut saya hal ini benar-benar memberikan sebuah pengalaman interkultural secara langsung yang begitu bagus, melalui interaksi antar pelajar yang terjalin baik di dalam maupun di luar kelas.

Hal apa yang paling anda sukai dari Hawaii?
Saya harus mengakui bahwa mendapat kesempatan untuk kuliah di Amerika, khususnya di Hawaii adalah sebuah kebanggaan tersendiri. Hawaii mempunyai industri pariwisata terbesar di Amerika dengan keindahan alamnya yang sangat begitu menakjubkan yang membuat setiap orang bermimpi untuk bisa datang kesini. Sejak pertama kali tiba di Hawaii, saya sudah terkesan dengan keindahan alam dan kebersihan lingkungannya. Sama seperti kesan teman-teman lainnya disini, saya juga sangat menikmati keindahan alam yang dimiliki pulau ini. Pantai-pantainya sangat eksotis untuk berenang, snorkling, diving dan surfing. Hampir setiap akhir pekan saya, saya habiskan untuk bermain di pantai.

Udaranya juga sangat segar dan bersih karena dikelilingi oleh bukit-bukit hijau dengan pemandangan yang sangat luar biasa. Sehingga mendaki gunung dan olahraga telah menjadi hobi saya sejak saya tinggal disini. Jumlah air terjun yang begitu banyak juga memberikan sebuah atraksi keindahan alam tersendiri yang sangat menarik mata para pengunjung. Oleh karena itu, tiada alasan yang membuat saya bosan untuk mengeksplor dan tingal di pulau ini.

Hal lainnya yang saya sukai dari Hawaii adalah penduduk lokalnya yang begitu ramah dengan spirit ‘ALOHA’nya. Setiap orang yang tiba di Hawaii selalu disambut dengan spirit Aloha yang membuat semua pengunjung dan pendatang diterima dengan sangat baik. Hawaii juga merupakan salah satu tempat di Amerika dengan angka kriminal yang sangat kecil. Jadi, merupakan sebuah tempat yang sangat aman untuk ditempati.

Apakah Anda memiliki tips untuk menghemat uang selama belajar di luar negeri?
Besar atau kecilnya pengeluaran seseorang tergantung pada gaya hidup yang dijalaninya dan juga tergantung pada standar kehidupan tempat dimana dia tinggal. Hawaii merupakan salah satu negara bagian dengan standar kehidupan termahal di Amerika. Namun, sebagai seorang pelajar dengan keuangan yang terbatas saya selalu berusaha untuk mengatur pengeluaran saya. Untuk kamu semua yang ingin belajar di luar negeri, pertama saya sarankan untuk menghindari kehidupan kota besar karena banyak sekali hiburannya yang mudah menarik kita untuk mengeluarkan uang. UH Hilo, tempat dimana saya belajar, lokasinya terpisah dari pusat kota Hawaii, sehingga tidak begitu banyak godaan seperti di kota besar. Kemudian, untuk hiburan dan bersantai, saya biasanya memilih untuk berpetualang di alam liar, dimana aksesnya gratis tanpa harus mengeluarkan uang sepeser pun, dan tentunya lebih sehat untuk jiwa dan raga ketika menyatu dengan alam.

Kemudian, untuk makanan sehari-hari, saya memilih untuk memasak sendiri dari pada makan di luar karena makanan di luar harganya sangat mahal di bandingkan dengan ketika memasak sendiri. Ketika memilih untuk memasak sendiri, tips saya adalah pilihlah pasar dan supermarket yang murah tetapi produknya berkualitas.

Mengenai penggunaan transportasi, kalau anda merasa nyaman berpergian dengan transportasi umum, maka gunakanlah transportasi umum atau bersepeda karena mengendarai mobil di Amerika sangatlah mahal untuk biaya mobil, bensin dan parkirannya.

Bagaimana anda dapat berpikir bahwa belajar di luar negeri bermanfaat bagi anda?
Belajar di luar negeri, khususnya di Amerika, memberikan beberapa keunggulan yang sangat menguntungkan dalam proses pengembangan pengetahuan akademis saya yang tidak bisa di dapatkan dari tempat dimana saya berasal. Investasi dalam bidang pendidikan dan sistem pendidikan di Amerika sangatlah menonjol dan berbeda jika dibandingkan dengan pendidikan di negara lainnya. Jadi tentu saja hal ini akan sangat berpengaruh pada karir saya di masa depan dengan latar belakang sebagai lulusan dari sebuah universitas Amerika. Belajar di luar negeri juga memberikan saya sebuah koneksi yang lebih luas melalui persahabatan yang saya jalin dengan teman-teman dari negara lainnya. Saya sangat percaya bahwa ini akan sangat bermanfaat bagi karir dan perjalanan saya ke luar negeri nantinya. Kemudian, fasih berbahasa juga menjadi sebuah keuntungan tersendiri karena setiap harinya secara langsung berinteraksi dengan penutur aslinya. Dan yang terakhir tentunya  berkesempatan untuk tinggal dan mengeksplor negeri orang. Dengan kesempatan ini, saya bisa secara langsung belajar dan mengetahui kehidupan sosial dan budaya asing melalui interaksi saya sehari-hari.

Apa nasihat yang mau kamu berikan kepada mahasiswa Indonesia yang akan bepergian ke luar negeri untuk belajar pertama kalinya?
Belajar di luar negeri memberikan banyak sekali keuntungan dan wawasan yang begitu luas pada kita tentang dunia luar, selain pengetahuan akademis yang didapatkan di dalam kelas. Jadi, saya sangat menyarankan kepada semua pelajar untuk bisa memanfaatkan kesempatan masa kuliah kalian untuk mengeksplor dunia luar melalui belajar di luar negeri. Saya akui bahwa banyak sekali tantangan yang di hadapi ketika belajar di luar negeri, tetapi tantangannya tidak sebanding dengan keuntungan yang di dapatkan. Semua tantangan hanyalah untuk menguji kemampuan kita untuk lebih tegas dalam mengambil keputusan dan lebih mandiri. Jadi, gunakanlah kesempatan untuk belajar di luar negeri untuk mencoba sebuah kehidupan baru dan merasakan belajar dalam sebuah sistem pendidikan yang berbeda.