Marsha Hasjim, Business Administration, Simon Fraser University

marsha image 1

Usia: 23
Dari: Bogor, Indonesia

Mengapa kamu memilih melanjutkan pendidikan di Negara yang kamu pilih?

Saya mengambil jurusan Bisnis Administrasi dan spesialisasi di bidang Keuangan di Simon Fraser University, Canada. Saya memilih untuk belajar di luar negeri untuk lebih mengenal dunia luar terutama dalam hal bahasa dan budaya. Vancouver dikenal sebagai kota yang multikultural, saya bertemu dengan banyak orang dari latar belakang yang berbeda.

Apa yang kamu paling suka tentang sekolah tersebut?

Saya suka dengan orang – orangnya karena mereka sangat ramah dan menyambut orang asing. Selain itu, sekolah tersebut memiliki komunitas yang sangat kuat mulai dari para staf, guru, murid, sampai dengan alumnus. Setiap orang saling membantu dan itu adalah salah satu faktor yang membuat sekolah menjadi nyaman dan menyenangkan.

Apa yang kamu paling suka tentang kota tujuan studi kamu?

Vancouver adalah salah satu tempat terbaik di dunia untuk tinggal, tidak hanya karena orang – orang yang ramah tetapi juga panorama yang menakjubkan dan juga cuaca yang sangat nyaman. Tranportasi umum pun tersedia dan sangat mudah untuk diakses.

Apakah kamu mengalami ‘culture shock’ ketika kamu tiba?

Ketika saya tiba di Vancouver, itu adalah pertama kalinya saya tinggal di luar rumah dan jauh dari keluarga saya. Saya takut karena saya tidak bisa berbicara bahasa Inggris dan tidak tahu bagaimana cara hidup di negeri orang. Sebagai contoh, saya tidak tahu bagaimana mencuci baju sendiri menggunakan mesin cuci. Satu lagi adalah ketika orang saling menyapa ‘how are you/ how’s it going’ mereka langsung pergi tanpa mendengarkan respon saya.

Apa yang kamu paling kangen tentang Negara tujuan studi kamu?

Saya kangen dengan orang-orang disana. Mereka sudah seperti keluarga kedua saya, memberikan dukungan dan sangat peduli terhadap saya. Saya berharap bisa memiliki kesempatan untuk pergi ke Vancouver dan bertemu dengan mereka lagi.

Apakah kamu memiliki beberapa tips untuk menyimpan uang sambil belajar di luar negeri?

Jangan makan di luar setiap hari, cobalah untuk memasak makanan kamu sendiri. Banyak supermarket yang menawarkan penawaran khusus setiap minggunya. Selain itu banyak tirai Cina yang menyediakan produk dengan harga yang lebih wajar. 

Bagaimana telah diuntungkan dari studi kamu di luar negeri?

Saya diuntungkan dari seluruh pengalaman, terutama salam hal jaringan dan kemampuan komunikasi. Saya juga bertemu dengan beberapa orang Indonesia yang sampai sekarang tetap berhubungan dengan baik. Selain itu, saya merasa menjadi individu yang memiliki pola pikir yang lebih terbuka dan melihat banyak hal dari perspektif yang berbeda.

Apa nasihat yang kamu berikan kepada orang yang ingin studi di luar untuk pertama kalinya?

Pergi ke luar dan nikmati waktu kamu. Bertemu dengan orang baru dari seluruh dunia, jangan membatasi hanya berteman dengan orang dari negara tertentu. Keluar dari zona aman kamu karena kamu tidak pernah tahu apa yang ada di depan kamu.