Matthew Sugiarto, University of Greenwich

Matthew Sugiarto

Dari: Surabaya,
Belajar: MBA

Mengapa kamu memilih untuk belajar di UK?

Saya memilih belajar di Inggris karena standar pelajarannya yang sangat tinggi dan dapat digunakan untuk bekerja. Juga karena Inggris merupakan salah satu lokasi yang dituju oleh banyak orang, sehingga saya juga dapat belajar mengenai budaya lain.
 Apa yang paling kamu suka dari sekolah?

Saya belajar MBA di University of Greenwich. Saya suka suasana dari sekolah yang memang nyaman, mendukung untuk tempat belajar mengajar dan mempunyai tempat diskusi diluar ruangan.

Apa yang paling kamu suka tentang London?

Banyak hal yang saya suka dari London karena sangat berbeda dari tempat tinggal saya di Indonesia. Tetapi yang paling berkesan adalah perasaan semangat yang saya dapat di tempat keramaian di London.

Apa yang menjadi perbedaan antara Indonesia dan Inggris?

Banyak hal! Cara berkomunikasi, toleransi, suasana tempat tinggal, dan masih banyak lainnya.

Apa yang paling kamu rindukan tentang Inggris?

Suasananya. Suasana di Inggris sangat berbeda di Indonesia, terutama karena Indonesia hanya mempunyai dua musim.

Apakah kamu mempunyai kiat-kiat untuk menghemat uang pada waktu belajar di luar negeri?

Ya, sebisa mungkin bawalah bekal dari rumah. Selain lebih murah, kita juga dapat mengatur apa yang kita makan. Dan batasi pengeluaran yang digunakan untuk ketika pergi dengan teman-teman.

Apa keuntungan yang kamu dapat setelah mengambil studi di luar negeri?

Berbagai pengalaman dalam hal proses belajar dan proses berkomunikasi adalah hal yang paling baik yang saya dapatkan. Karena pengalaman baru hanya bisa didapatkan melalui proses interaksi dengan hal-hal yang baru juga

Saran apa yang akan kamu berikan ke murid Indonesia yang mengambil studi di luar negeri untuk pertama kali?

Ambillah semua kesempatan apanpun yang bisa kamu dapat. Rasakan semua pengalaman apapun dari kegiatan apapun yang bisa kamu ikuti. Dari sini kamu akan mendapatkan banyak teman dan pengalaman-pengalaman menarik yang berbeda dari Indonesia.